Senin, 08 Agustus 2016

TIPS Merawat Speaker Aktif

Speaker aktif ini jelas sudah menjadi sebuah perangkat yang populer untuk sarana hiburan karena speaker ini bersifat multifungsi dan juga lebih praktis dibandingkan dengan amplifier dengan speaker terpisah atau compo sekalipun. Ditambah lagi dengan harganya  yang lebih terjangkau, jadi tak heran jika kemudian speaker aktif lebih banyak digemari dibandingkan dengan perangkat sejenis lainnyayang ada.

Tapi saat ini kita terkadang sebagai seorang pengguna hanya bisa memakai saja tanpa mau memperhatikan perawatan yang baik dan juga benar sehingga tak jarang speaker aktif yang sudah dibeli ini akan cepat rusak. Padahal sebenarnya merawat speaker aktif supaya awet dan juga tahan lama tidaklah sulit asalkan kamu mengetahui  bagaimana caranya.

Jadi apabila speaker tidak digunakan selama berhari-hari, maka dianjurkan kabel power dilepas dari stop contact. Pada saat menggunakan pastikan volume music player tidak melebihi 75% dan volume speaker boleh di atur sampai 100% apabila menginginkan suara lebih keras. Kenali kemampuan speaker anda, jangan sampai kemampuan speaker dipaksakan sehingga membuat membran loudspeaker cepat rusak. Letakkan speaker anda di tempat yang tidak lembab dan tidak terjangkau anak-anak. Dibersihkan secara rutin, karena tempat yang lembab dan debu dapat menimbulkan korosi pada rangkaian.

Kenapa Volume software tidak boleh 100% sedangkan untuk speaker boleh, karena ini akan memperpendek usia membran yang ada di speaker anda, paling tidak kualitas output suara jadi menurun dan semakin lama  bisa muncul desis atau bunyi berisik lainnya. Bila volume software 100% sedangkan volume hardware atau speaker 30% maka seperti anda membangun bendungan kecil untuk menahan arus air yg sangat besar, semakin lama bendungan tidak akan mampu menahan arus lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar