Senin, 16 November 2015

Apa yang harus gitaris tahu tentang suhu dan kelembapan

Mengontrol suhu dan kelembaban di sekitar gitar sangat penting untuk memperpanjang umur instrumen. Meskipun hal ini mungkin tidak mempengaruhi banyak dari segi body terutama  gitar listrik, namun baik gitar akustik maupun gitar listrik memiliki body yang sangat rapuh sehingga dapat mengalami kerusakan parah oleh fluktuasi lingkungan. Gitar akustik terbuat dari lembaran tipis berkualitas tinggi, kayu alami.

Sama seperti bahan-bahan alami lainnya, kayu merespon lingkungannya dengan memuai. Jika kalian pernah melihat bahwa fit dari kusen pintu yang berubah seiring dengan adanya perubahan musim, kalian akan memahami mengapa hal ini bisa berbahaya untuk gitar. Paparan terlalu banyak kelembaban dan panas mungkin dari waktu ke waktu akan menyebabkan kayu gitar melengkung, akhirnya mengubah suara atau memproduksi jamur yang tidak diinginkan.

Sementara Kondisi yang terlalu kering atau terlalu dingin dapat menyebabkan kayu retak. Kondisi ideal untuk sebagian besar gitar listrik dan akustik adalah antara 70-75 derajat Fahrenheit dan 40% - 50% kelembaban. Jika kalian melihat lebih dekat,  kaian akan melihat bahwa di hampir setiap toko gitar ada sebuah humidifier dan pemanas listrik yang dapat disesuaikan untuk menjaga lingkungan toko stabil.

Tentu kalian bisa mengontrol suhu ruang penyimpanan sendiri untuk menghindari kerusakan jangka panjang dari paparan yang tidak benar, tapi mungkin tidak realistis atau diperlukan. Jika kalian tidak mampu membuat ruang penyimpanan seperti di toko-toko besar beli saja alat pengukut suhu.. Ini akan memberikan kalian kemampuan untuk memonitor lingkungan gitar. Jika melihat bahwa kondisi bervariasi ke titik yang dapat merusak gitar, kalian hanya perlu memindahkannya ketempat yang lebih baik.

Jika kalian tahu akan membawa gitarke kondisi yang tidak diinginkan dan / atau ekstrim (seperti lambung kargo pesawat), pastikan untuk menghapus sebagian besar ketegangan dari string dan menyimpan gitar dengan baik. Setelah kembali ke lingkungan yang tepat kalian dapat secara perlahan-lahan mengencangkan senar kembali ke ketegangan penuh. Sedikit panas atau kelembaban tidak akan mematahkan gitar kalian dengan segera.

Namun penting untuk terus memastikan bahwa tempat kalian menyimpan gitar sudah dalam kondisi yang baik, terutama jika kalian memang sering membeli gitar sehingga membutuhkan ruangan khusus untuk menyimpan belasan bahkan mungkin puluhan gitar tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar